Minggu, 29 Januari 2017

TOP 10: BEST ROYAL RUMBLE PERFORMERS OF ALL-TIME



Royal Rumble Match merupakan salah satu Pertandingan yang paling terkenal dikalangan pecinta gulat Pro. Pertandingan yang diikuti oleh 30 Pegulat ini (Royal Rumble 1988 hanya 20 dan di Royal Rumble 2011 membludak menjadi 40), dimenangkan dengan cara mengeleminasi lawannya (Melempar lawannya keluar ring dari atas tali).

Pertandingan ini sendiri merupakan pertandingan yang khusus diselenggarakan di Event Tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta gulat pro setelah SummerSlam, Survivor Series dan tentu saja WrestleMania yaitu Royal Rumble. Event tersebut biasanya sering di helat di akhir bulan Januari.

Royal Rumle match ini sendiri, pertama kali diselenggrakan pada tahun 1988 silam berkat ide brilian dari salah satu Pegulat Legendaris di WWE yang bernama Pat Patterson. Sejak saat itu, sudah ada 20-an lebih pegulat yang pernah memenangkan pertandingan ini. Siapa pun yang berhasil memenangkan pertandingan ini, maka pegulat tersebut sudah dipastikan mendapatkan satu tempat yang nyaman di WrestleMania, yakni menjadi Main Eventer untuk memperebutkan sabuk Juara Dunia yang ada di WWE. Baik itu sabuk World Heavyweight Championship (Sekarang Sudah digabung dengan WWE Championship), WWE Championship atau pun sabuk juara dunia paling baru di WWE, Universal Championship.

So, dalam rangka menyambut Event Royal Rumble edisi ke-30 yang akan berlangsung dalam hitungan beberapa jam lagi (29/1). Saya akan membagikan kepada kalian, Siapa saja “10 Pegulat yang memiliki performa Terbaik di Royal Rumble Match” yang tentu saja menurut Versi dari Pro-Wrestling OUTSIDER!.

Pastinya kalian Mau tahu dong, siapa saja pegulat-pegulat tersebut? kalau begitu, tanpa harus menunggu lebih lama lagi. Ayo kita mulai saja Top 10 List ini dalam hitungan 10… 9… 8… 7… 6… 5… 4… 3… 2… 1… Teeettt…!!! (Bukan Om Telolet Om, ya Guys)



10. CHRIS JERICHO
Sepanjang 9x keikutsertaannya dalam Royal Rumble Match. "Y2J" Chris Jericho, sama sekali belum pernah memenangkan pertandingan besar tersebut. Meskipun begitu, performa dari Chris Jericho di Royal Rumble match terbilang cukup impresif.

Buktinya, sepanjang keikutsertaannya di pertandingan itu dia telah berhasil mengeleminasi lawannya sebanyak 15x. Selain itu, Y2J merupakan penghuni urutan kedua sebagai Pegulat yang paling lama bertahan diatas ring selama dia mengikuti Royal Rumble Match. Jika di total keseluruhannya, Y2J telah berhasil bertahan diatas ring selama 3:55:59. Dia hanya kalah beberapa menit saja dari sang pemuncak HHH.

Kesempatannya untuk melampaui rekor dari Triple H itu masih sangat terbuka lebar. Itu pun kalau di Royal Rumble tahun ini dia menjadi salah satu kontestan dan berhasil bertahan diatas ring selama kurang lebih 5 menit saja. Tapi, Jika Triple H juga ternyata memutuskan untuk menjadi kontestan dalam Royal Rumble tahun ini. Maka, Y2J harus sedikit lebih bersabar untuk mampu melampaui rekor dari "The Game" tersebut.

Performa terbaiknya di Royal Rumble Match terjadi pada tahun 2006 silam. Kala itu dia berhasil mengeleminasi sebanyak 6 lawannya sepanjang Setengah Jam lebih dia berada diatas ring. Pencapiannya di tahun tersebut menjadikannya sebagai Pegulat terbanyak yang melempar keluar lawannya dari atas ring.

Pada tahun 2012, Chris Jericho sebenarnya berpeluang untuk memenangkan Royal Rumble match pertamanya. Namun sayang, Dewi Fortuna ternyata masih belum berpihak kepadanya. Kala itu dia harus rela menempati posisi ke-2 setelah Sheamus berhasil menyingkirkannya di saat-saat terakhir.



9. BATISTA
Sejauh ini, Batista telah mengikuti Royal Rumble match sebanyak 5x. Dan Batista sudah berhasil memenangkan 2 dari 5 Royal Rumble match tersebut. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu (dari 5) pegulat di WWE yang telah berhasil memenangkan Royal Rumble match sebanyak 2x.

Kemenangan pertamanya dia raih di Royal Rumble 2005. Setelah di tahun tersebut dia berhasil mengalahkan pesaing terberatnya John Cena. Sedangkan kemenangan keduanya dia raih 9 tahun kemudian, tepatnya di Royal Rumble 2014. Pada waktu itu, Batista berhasil mengeleminasi Roman Reigns untuk memenangi Royal Rumble keduanya sepanjang karirnya di WWE.

Meskipun di tahun itu dia berhasil menang, tetapi, Fans WWE tidak senang sama sekali dengan hasil itu. Penyebabnya adalah, pada waktu itu Fans WWE lebih menginginkan seorang Daniel Bryan ketimbang Batista untuk memenangkan Royal Rumble match tersebut. Akibat dari hasil itulah, Batista menjadi Pegulat paling dibenci oleh Fans WWE di tahun 2014.

Uniknya, 2 kemenangan yang diraih oleh “The Animal” di Royal Rumble 2005 dan 2014 itu, berhasil dia raih setelah dirinya memasuki ring dari urutan yang sama yaitu dari urutan #28.



8. BIG SHOW
Sama seperti Y2J tadi, Meskipun “The World’s Largest Athlete” Big Show belum pernah memenangkan Royal Rumble Match, tetapi performanya selama mengikuti pertandingan ini terbilang cukup impresif. Pasalnya, Big Show telah berhasil keluar sebagai Runner-Up sebanyak 2x sepanjang 11x keikut sertaannya di pertandingan tersebut.

Posisi Runner Up pertama yang dia raih terjadi di Royal Rumble 2000. Itu merupakan Debut pertamanya di Royal Rumble match. Pada waktu itu, dia harus rela melihat lawannya The Rock keluar sebagai Juara. Sedangkan posisi Runner-Up terakhirnya, terjadi pada Royal Rumble 2004. Dimana, secara tak terduga Chris Benoit yang notabene memiliki tubuh yang lebih kecil darinya berhasil mengeleminasinya.

Selain menjadi Runner Up sebanyak 2x, Pegulat yang mirip dengan Indro Warkop ini juga dikenal sebagai salah satu Pegulat yang paling banyak berhasil menyingkirkan lawan-lawannya. Total, sudah sebanyak 32 Pegulat yang telah berhasil dia lempar keluar ring. Angka tersebut bakalan bertambah jika di Royal Rumble tahun ini dia berhasil mengeleminasi lagi lawan-lawannya diatas ring.



Sama seperti Batista diatas tadi, Super Cena sang pemenang 15x World Champion juga telah berhasil memenangkan Royal Rumble match sebanyak 2x sepanjang Sedake lebih berkarir di WWE.

Kemenangan pertamanya dia raih pada tahun 2008 silam, kala itu dia berhasil menang setelah dia berhasil mengeleminasi pesaing terberatnya Triple H dengan menggunakan Finisher-nya Attitude Adjustment. Bagi kalian yang belum tahu, saat itu Cena sebenarnya tidak dijadwalkan untuk tampil akibat cedera parah yang dideritanya beberapa bulan sebelumnya. Gara-gara itulah banyak fans lantas terkejut ketika Musiknya berbunyi ketika urutan #30 tiba.

Di Royal Rumble itulah Cena mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa meriah dari penonton di MSG, padahal sebelum-sebelumnya Cena itu merupakan musuh No.1 fans WWE. Kalau boleh saya bilang, itu merupakan sambutan paling meriah yang pernah John Cena dapatkan sepanjang karir gemilangnya di WWE.

Sedangkan kemenangan keduanya dia raih 5 tahun kemudian, setelah pada waktu itu John Cena berhasil mengeleminasi Ryback untuk memenangkan Royal Rumble keduanya.

Selain menjadi pemenang sebanyak 2x, sepanjang 6x keikutsertaannya di Royal Rumble. John Cena telah berhasil melempar keluar 22 lawannya dari atas ring. Angka-angka tersebut kemungkinan besar tidak akan bertambah di tahun ini, itu dikarenakan di Royal Rumble tahun ini dia akan menantang sang WWE Champion AJ Styles dengan misi agar bisa menyamai rekor milik Ric Flair sebagai 16x World Champion. Jadinya, kemungkinan dia akan absen dalam Royal Rumble match tahun ini.



6. THE UNDERTAKER
Pencapian The Undertaker Royal Rumble memang tidak setinggi pencapaiannya di WrestleMania. Tetapi, setiap Undertaker mengikuti Royal Rumble match, dia pasti selalu saja memberikan Impact yang besar.

Buktinya, sejak dia pertama kali ikut serta dalam Royal Rumble match pada tahun 1991 silam. Taker telah berhasil mengeleminasi 35 lawan-lawannya. Pencapaiannya tersebut berhasil menempatkan Undertaker dalam urutan ke-4 sebagai Pegulat yang paling banyak mengeleminasi lawan-lawannya.

Sepanjang 10x keikutsertaannya, Undertaker sudah berhasil memenangkan satu diantaranya. Undertaker berhasil menjadi Pemenang di Royal Rumble match 2007. Di pertandingan tersebut, Undertaker mendapatkan urutan paling terakhir (#30) untuk memasuki ring. Dia berhasil menjadi pemenang, setelah dia sukses mengeleminasi The Great Khali, MVP dan terakhir Shawn Michaels.

Atas kemenangan tersebut, taker berhak untuk menantang World Heavyweight Champion Batista di WrestleMania. Dimana, Undertaker-lah yang pada akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang sekaligus menjadi juara dunia baru pada waktu itu. Mungkin saja, jumlah kemenangannya di Royal Rumble match bakalan bertambah. Pasalnya, nama Undertaker menjadi nama yang paling di jagokan untuk memenangkan Royal Rumble Match tahun ini.



5. KANE
Dulu di akhir tahun 90-an sampai pertengahan 2000-an, Kane merupakan Monster yang sangat ditakuti oleh pesaing-pesaingnya ketika dia ikut serta dalam Royal Rumble match. Meski demikian, “The Big Red machine” sama sekali belum pernah menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut. Padahal, kane sudah ikut serta dalam pertandingan tersebut sebanyak 19x (Pegulat yang Paling sering tampil di Royal Rumble).

Pencapaian tertinggi dari Kane di Royal Rumble terjadi pada tahun 2001 silam. Kala itu, dia benar-benar bagaikan Monster yang sulit sekali untuk di taklukkan. Sepanjang pertandingan berlangsung, Kane telah berhasil mengeleminasi sebanyak 11 lawan-lawannya. Beberapa diantaranya yang menjadi korbannya pada waktu itu adalah The Grand Master Sexay, Steve Blackman, Al Snow, Raven, Perry Saturn, The Honky Tonk Man, Tazz, Crash Holly, Albert, Scooty 2 Hotty (Bersama dengan Undertaker) dan yang terakhir The Rock. 

Keberhasilannya dalam mengeleminasi lawan-lawannya itu, Membuat Nama Kane masuk dalam buku sejarah WWE sebagai Pegulat yang paling banyak mengeleminasi lawannya dalam satu Pertandingan Royal Rumble Match. Rekornya itu baru terpecahkan pada tahun 2014 silam oleh seorang pegulat yang akan kalian ketahui sebentar lagi.

Di Royal Rumble 2001 itu sendiri, kane harus rela menempati urutan kedua, setelah Stone Cold Steve Austin berhasil mengeleminasinya.

Total sejauh ini, Kane telah berhasil mengeleminasi lawan-lawannya sebanyak 43. Sehingga menjadikannya sebagai Pegulat yang menempati urutan pertama dalam jumlah keberhasilan mengeleminasi lawan-lawannya. Angka-angka tersebut kemungkinan akan bertambah jika di tahun ini, dirinya menjadi salah satu kontestan di Royal Rumble match.



Meskipun keikut sertaan Roman Reigns di Royal Rumble match tidak sebanyak Kane maupun The Undertaker atau pun Pegulat-pegulat lainnya yang masuk kedalam list ini (Paling tidak untuk sekarang). Tapi, pencapaian dari “The GUY” di Royal Rumble tidak kalah gemilang dari 2 pegulat senior yang saya sebut itu.

Pasalnya, sepanjang 3x keikut sertaannya, “the BIG DOG” telah berhasil mengeleminasi sebanyak 22 lawannya. Bahkan, dialah pegulat yang berhasil memecahkan rekor milik Kane, sebagai pegulat yang paling banyak mengeleminasi lawannya dalam satu pertandingan Royal Rumble. “the ROMAN EMPIRE” berhasil memecahkan rekor Kane tersebut pada tahun 2014 silam. Setelah dia berhasil melempar keluar 12 lawannya dari atas ring.

Itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa tinggi bagi seorang pegulat yang pada waktu itu, baru saja memulai debutnya di Royal Rumble match. Di Debutnya malam itu, Roman harus keluar sebagai Runner-Up setelah lawannya Batista berhasil mengeleminasinya.

Selain menjadi pegulat yang paling sering mengeleminasi lawannya, Roman juga merupakan pemenang 1x Royal Rumble match. Dia berhasil menjadi pemenang di Royal Rumble 2015. Dia menjadi pemenang setelah dia sukses menghempaskan lawannya Rusev. Bisa dibilang, dari saat itulah Fans WWE semakin membenci pegulat kesayangan Vince McMahon ini dengan berbagai penyebab.

Sedangkan untuk Royal Rumble Tahun lalu bisa dibilang merupakan Royal Rumble terburuknya. Pasalnya, selain gagal menjadi pemenang, dia juga gagal untuk mempertahankan sabuk WWE World Heavyweight Championship-nya (Thanks Triple H). 

Sedangkan untuk tahun ini, sama seperti pendahulunya John Cena tadi. Kemungkinan besar dia tidak akan mengikuti Royal Rumble match. Itu dikarenakan oleh dia akan menantang sang Universal Champion Kevin Owens.

Banyak orang memprediksi bahwa Roman akan berhasil mengalahkan pegulat jagoan saya itu untuk memenangkan sabuk juara dunia milik brand RAW tersebut. Jika itu memang benar-benar terjadi, saya tidak akan lagi menyaksikan Monday Night RAW selama Roman masih menjadi juara.



3. TRIPLE H
“It’s Time to Play the Game!”. Selanjutnya ada Triple H yang sejauh ini sudah berhasil memenangkan Royal Rumble match sebanyak 2x.

Kemenangan pertamanya dia raih pada tahun 2002 silam, kala itu dia berhasil mengeleminasi Kurt Angle untuk mengamankan posisinya sebagai penantang WWE Undisputed Champion Chris Jericho di WrestleMania 18. Sedangkan untuk kemenangan keduanya, terjadi di Edisi Royal Rumble ke-29 yang berlangsung tahun lalu.

Selain menjadi pemenang, pada waktu itu Triple H juga berhasil menjadi WWE World Heavyweight Champion yang baru. Setelah di pertandingan itu dia berhasil mengeleminasi sang juara bertahan Roman Reigns. Sebelum pada akhirnya dia juga berhasil mengeleminasi mantan anggota dari The Shield lainnya yakni Dean Ambrose untuk memenangkan Royal Rumble keduanya sepanjang 9x keikut sertaannya di pertandingan tersebut.

Selain menjadi pemenang sebanyak 2x, Triple H juga pernah menjadi Runner-Up sebanyak 2x juga (2008 & 2009).

Seperti yang sudah saya sebut di bagian Chris Jericho tadi, saat ini Triple H merupakan pemegang rekor sebagai Pegulat yang paling lama bertahan diatas ring selama Royal Rumble match berlangsung. Jika di Total, Triple H sudah berhasil bertahan selama 3:59:37. Selain itu, Hunter juga telah berhasil mengeleminasi 32 lawan-lawannya dari atas ring



2. SHAWN MICHAELS
”the HeartBreak Kid” Shawn Michaels merupakan pegulat kedua (setelah Hulk Hogan) dalam sejarah WWE sebagai Pemenang Royal Rumble Match 2x berturut-turut. Dia berhasil menjadi pemenang di Royal Rumble 1995 dan juga 1996.

Tapi, kemenangannya yang paling diingat oleh Fans WWE sampai sekarang terjadi di tahun 1995. Kala itu dia berhasil menjadi pemenang setelah dia berhasil mengeleminasi the British Bulldog. Hebatnya, dialah pegulat pertama yang memasuki ring pada waktu itu. Atas pencapaian luar biasa tersebut, menjadikan HBK sebagai Pegulat pertama dalam sejarah WWE sebagai pemenang Royal Rumble yang memasuki ring dari urutan #1.

Sedangkan kemenangan keduanya dia raih setelah dia sukses mengeleminasi sahabatnya Kevin Nash.

Selain menjadi pemenang, HBK juga pernah menjadi Runner-Up 1x. Dia harus rela menempati posisi kedua, setelah Rivalnya The Undertaker berhasil mengeleminasinya di Royal Rumble match 2007.

Sejak memulai debutnya di Royal Rumble pada tahun 1989,  total sudah 12x dia ikut berpastisipasi dalam pertandingan itu (1 tingkat dibawah Kane). dan sepanjang keikutsertaannya itu, HBK sudah berhasil mengeleminasi 39 lawan-lawannya (juga 1 tingkat dibawah Kane). Angka-angka tersebut tidak akan bertambah lagi, pasalnya saat ini Shawn Michaels sudah memutuskan Pensiun sejak tahun 2010 silam (pasca kekalahannya atas the Undertaker di Wrestlemania 26).



1. STONE COLD STEVE AUSTIN
Akhirnya sampai juga kita diurutan teratas (terbawah?) dalam list ini, dan Pegulat yang memiliki performa terbaik sepanjang keikutsertaannya di Royal Rumble match adalah… “STONE COLD” STEVE AUSTIN.

Damn Right, Guys! Dialah pegulat WWE yang paling impresif menurut penilaian saya selama mengikuti Royal Rumble match. Pasalnya, lihat saja pencapaian-pencapian gemilang dari “the Texas Rattlesnake” berikut.

Sepanjang 6x keikutsetaannya, Stone Cold sudah berhasil memenangkan 3 diantaranya. Atas pencapaian tersebut, menjadikannya sebagai satu-satunya Pegulat di WWE yang telah memenangkan Royal Rumble Match sebanyak 3x (Paling tidak untuk sejauh ini). Selain itu, dia juga menjadi pegulat ke-3 dalam sejarah WWE yang berhasil memenangkan Royal Rumble match 2x berturut-turut.

Kemenangan pertamanya dia raih pada tahun 1997 silam, setelah pada waktu itu dia berhasil mengeleminasi Bret Hart. Kemengan keduanya secara bertutut-turut dia raih setelah dia sukses mengeleminasi Rival abadinya The Rock. Dan Kemenangan terakhirnya, dia raih pada tahun 2001. Setelah pada waktu itu dia berhasil menghabisi perlawanan dari “The Big Red Machine” Kane yang penampilannya sepanjang pertandingan berlangsung sangat luar biasa impresif. Royal Rumble match 2001 itu sendiri merupakan Royal Rumble match favorit saya sepanjang masa.

Selain menjadi pemenang, Stone Cold juga pernah menjadi Runner-Up di Royal Rumble 1999. Dia gagal menjadi pemenang setelah musuh bebuyutannya Vince McMahon berhasil mengeleminasinya.

Dari 6x keikutsertaannya di Royal Rumble match. Total, Stone Cold sudah berhasil mengeleminasi sebanyak 36 lawan-lawannya. Sehingga menjadikannya sebagai Pegulat yang menempati urutan ke-3 dalam urusan paling jago dalam mengeleminasi lawan-lawannya (Dibawah kane dan juga Shawn Michaels).

If You Agree with this List? Give Me a HELL YEAH!!!



So, Guys. Itulah tadi Daftar "10 Pegulat yang memiliki Performa Terbaik di Royal Rumble Match". Jadi, Bagaimana menurut kalian tentang Artikel TOP 10 diatas tadi? Saya berharap kalian Menikmatinya dan sekaligus juga membuat wawasan kalian tentang Royal Rumble Match setidaknya semakin bertambah.

Seperti biasa guys, Jika ada sesuatu yang ingin kalian sampaikan kepada saya seperti Kritikan ataupun saran. Kalian bisa tinggalkan komentar kalian di kolom komentar dibawah itu nanti. Dan satu lagi, jangan pernah lupa tentang ini. Jika kalian ingin Meng Copy-Paste Salah satu artikel yang ada di Blog sederhana saya ini, Silahkan saja! saya tidak akan melarang kalian untuk melakukan hal tersebut.

Tapi itu pun dengan syarat, yaitu kalian harus meminta izin dari saya terlebih dahulu. Tapi kalau kalian lagi males untuk meminta Izin, kalian bisa kok Cuma beri sumber/asal Link dari artikel yang hendak kalian ambil untuk di posting kembali di Blog keren kalian masing-masing. (Ngerti kan dengan maksud saya?)

Asal kalian tahu saja ya guys, membuat artikel tentang gulat pro seperti ini, khususnya TOP 10. Bukanlah pekerjaan yang mudah, karena sebelum saya memulai mengetik saya terlebih dahulu melakukan research di berbagai website, Majalah dan Video. So please, Hargailah kerja keras saya. Okay! I’ll See you Guys Someday. Cheers… #TonaJerk #Pro-WrestlingOUTSIDER!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan tanpa harus menggunakan kata-kata yang berbau Rasis dan Sara.