Minggu, 11 Juni 2017

TOP 10: THE GREATEST ECW WRESTLERS OF ALL-TIME



Setelah sebelumnya saya sudah pernah membahas Artikel tentang 10 Pegulat Terbaik atau Terhebat di beberapa Promosi gulat raksasa seperti WWE, WCW, TNA dan juga ROH. Dan Untuk pertemuan pertama kita di bulan Juni ini, saya akan kembali membahas tentang 10 Pegulat Terhebat yang ada di Promosi Gulat Raksasa lainnya dan untuk postingan kali ini saya akan membagikan kepada kalian Daftar 10 Pegulat Terhebat di ECW.

Saya memilih ECW, karena bagi saya rasanya kurang pas kalau saya tidak membahas juga 10 pegulat terhebat yang pernah bergulat untuk Promosi Gulat yang sangat Populer di tahun 90-an ini. Oh iya, sebelum saya melanjutkan artikel ini lebih jauh lagi, saya selaku sang Admin satu-satunya di Pro-Wrestling OUTSIDER! ingin mengucapkan kepada kalian semua sobat-sobat yang beragama Islam dari Sabang sampai Merauke dan juga dari belahan dunia mana pun yang saat ini sedang membaca Artikel PWOutsider!, "Selamat menunaikan ibadah Puasa".

Ok, back to the Topic. ECW sendiri bagi kalian yang belum tahu merupakan singkatan dari Extreme Championship Wrestling. Dari namanya saja sudah jelas kalau Promosi gulat yang satu ini lebih menonjolkan sisi Gelap dari dunia Gulat Pro yaitu Hardcore Wrestling. Oh iya, Ngomong-ngomong soal Hardcore Wrestling, bagi kalian yang melewatkan Artikel saya tentang “10 Pegulat WWE Ter-Hardcore” yang saya posting beberapa waktu silam. Saya sangat menyarankan kepada Kalian untuk membaca juga salah satu artikel terpopuler di P-WOutsider! itu, karena di dalam list dari Artikel tersebut kebanyakan diisi oleh Alumni-alumni dari ECW.

Bagi kalian yang belum tahu, Meskipun saat ini ECW lebih dikenal sebagai Promosi yang penuh dengan Kekerasan dan juga Kebrutalan. Tapi pada kenyataannya, ECW ini dulu di awal kemunculannya di tahun 1992, merupakan promosi gulat yang sama sekali jauh dari kata Hardcore. Kala itu, ECW yang masih bernama Eastern Championship Wrestling hanyalah Promosi Gulat biasa atau Tradisional layaknya WWF maupun WCW. Saat itu ECW merupakan salah satu Promosi Gulat yang masih dinaungi oleh National Wrestling Alliance atau NWA.

Namun, semuanya berubah seketika, ketika ECW di ambil alih oleh Paul Heyman yang saat itu lebih dikenal sebagai Paul E. Dangerously. Paul Heyman berhasil menjadi pemilik ECW setelah dirinya berhasil mendepak posisi pemilik ECW sebelumnya yaitu Ted Gordon pada tahun 1995. Semenjak dibawah kekuasaannya itulah, ECW sedikit demi sedikit berubah menjadi ECW yang kita kenal sekarang ini. Selain bertransformasi menjadi Promosi Gulat yang lebih Hardcore di bawah kekuasaan Paul E, saat itu ECW juga memutuskan untuk memisahkan diri dari NWA yang menurut Paul Heyman pada waktu itu sudah terlalu Old School atau jadul untuk ECW.

Di bawah arahan Paul Heyman, Promosi Gulat yang saat itu bermarkas di kota Philadelphia ini dengan cepat menjadi Promosi Gulat populer sekaligus terbesar di Amerika Serikat. Padahal di tahun-tahun tersebut, ECW harus diapit oleh 2 Promosi Gulat Raksasa lainnya yang kala itu sedang sibuk berperang dalam Monday Night Wars. Akan tetapi, ECW mendapatkan tempat tersendiri di hati para pecinta gulat pro yang ada di AS maupun diluar AS. Kalau boleh saya bilang, ECW-lah promosi Gulat yang menginspirasi WWE dalam menciptakan Attitude Era. Era yang membawa WWE mendominasi Industri Gulat Profesional.

Sama nasibnya dengan WCW, pada tahun 2001 silam, ECW mengalami kebangkrutan pasca TNN yang merupakan Stasiun TV yang menayangkan Program-program ECW, dengan berbagai alasan membatalkan kerja sama mereka dengan ECW. Dari saat itulah, ECW mulai mengalami kesulitan Finansial yang mengakibatkan mereka harus membatalkan beberapa Event atau PPV yang seharusnya mereka gelar di tahun itu karena kekurangan dana. Selain itu, masalah lain dari ECW pada waktu itu adalah mulainya mereka kesulitan dalam urusan membayar atau menggaji pegawai-pegawai di ECW, salah satunya adalah pegulat-pegulat mereka.

Setelah ECW dinyatakan telah Mati dan pada akhirnya menjadi milik WWE pada tahun 2003 silam. 3 tahun kemudian pasca di beli oleh Vince McMahon, WWE mencoba untuk menghidupkan kembali ECW dengan menjadikan ECW sebagai Brand Ketiga di WWE setelah RAW dan juga SmackDown. Dimana upaya dari WWE untuk menghidupkan kembali ECW tersebut terbilang gagal total yang pada akhirnya WWE memutuskan untuk tidak melanjutkan lagi acara ECW pada tahun 2010. Meskipun WWE telah gagal mengembalikan kejayaan ECW seperti dulu kala, tapi pada tahun 2005 dan 2006, WWE sempat sukses memanjakan Fans ECW dan Fans Gulat Hardcore lewat Event atau PPV yang mereka berinama ECW: One Night Stand. Di Event itu, banyak pegulat jebolan ECW yang di undang untuk melakukan semacam Reuni.

Sedangkan untuk saat ini, ECW sudah menjadi kenangan di Era PG WWE yang penuh dengan Kebodohan dan juga Omong Kosong. But not for the True Hardcore Wrestling Fans in Around of World.

So, Guys. Itulah tadi kurang lebih Sejarah dari ECW yang saya ketahui. Selebihnya, kalian bisa Browsing sendiri di Internet. Well, untuk selanjutnya, saya rasa kita sudah bisa mulai List tentang “TOP 10: THE GREATEST ECW WRESTLERS OF ALL-TIME” ini. Karena saya jamin kalian sudah pada penasaran dengan siapa-siapa saja pegulat ECW yang menyandang predikat sebagai yang terbaik. So, tanpa harus menunggu lebih lama lagi. Let’s get HARDCORE Bitches…!!!




10. RHINO
Saya mulai list ini dari Pegulat yang sangat populer dengan Finisher-nya yang menyerupai Spear yang dia berinama Gore. Rhino atau yang di WWE lebih dikenal sebagai Rhyno ini pertama kali bergabung dengan ECW pada tahun 1996. Kalau boleh saya bilang, pencapaian terbaik dari “the Man Beast” terjadi di saat ECW sedang mengalami masa-masa sulit. Pasalnya, Rhino baru berhasil mencicipi bagaimana rasanya menjadi ECW World Heavyweight Champion di tahun 2001, yang notabene merupakan tahun terakhir bagi ECW. 

Bagi yang belum tahu, Rhino-lah pegulat ECW terakhir yang berhasil menguasai sabuk juara dunia milik ECW tersebut. Bukan hanya menjadi ECW World Heavyweight Champion yang terakhir, Rhino juga merupakan pemegang sabuk ECW World Television Championship yang terakhir sebelum ECW memutuskan untuk gulung tikar di tahun 2001. Sepanjang karirnya di ECW, Rhino telah berhasil memenangkan sabuk ECW World Heavyweight Championship sebanyak 1x dan juga sabuk ECW World Television Championship sebanyak 2x. "GORE! GORE! GORE!"



9. SHANE DOUGLAS
Setelah tadi diurutan paling buncit ada pemegang sabuk ECW World Heavyweight Championship yang terakhir, sedangkan untuk diposisi berikutnya ada pegulat yang dimahkotai sebagai pemegang sabuk ECW World Championship yang pertama. Shane Douglas sendiri bisa dibilang merupakan salah satu pegulat paling bertalenta di tahun 90-an. Bukan hanya dikenal dengan skill-nya diatas ring yang diatas rata-rata, dia juga dikenal berkat kemampuannya saat melakukan Promo.

Shane Douglas bergabung pertama kali dengan ECW pada tahun 1993 silam, sejak saat itu dirinya menjadi pegulat yang cukup populer disana, meskipun pada kenyataannya dirinya lebih banyak berperan sebagai pegulat Heel.

Momen yang paling tidak terlupakan tentang perjalanan karir dari seorang Shane Douglas di ECW adalah ketika dirinya berhasil memenangkan sabuk NWA World Heavyweight Championship pada tahun 1994 silam, namun bukannya berbahagia karena berhasil memenangkan sabuk juara yang sebelumnya sudah pernah dimenangkan oleh beberapa pegulat legendaris seperti Lou Thesz, Buddy Rogers, Terry Funk, Ric Flair, Dusty Rhodes dan masih banyak lagi, Pegulat yang menyebut dirinya sebagai “the Franchise” ini malahan melempar sabuk juara tersebut karena dirinya merasa tidak sudi menjadi Juara di Organisasi Gulat (NWA) yang menurut pendapatnya sudah mati beberapa tahun silam. Sebagai gantinya dia lebih memilih sabuk ECW World Heavyweight Championship yang saat itu telah berganti nama dari sabuk Eastern Championship Wrestling Heavyweight Championship menjadi Extreme Championship Wrestling World Heavyweight Championship. Oleh karena itulah, Shane Douglas lantas disebut-sebut sebagai ECW World Heavyweight Champion yang pertama.

Meskipun pada tahun 1995 dia sempat hijrah ke WWF/E dan menjadi Korban dari Backstage Politic-nya the Kliq. Tapi di tahun berikutnya, Shane memutuskan untuk kembali ke ECW. Sebelum pada akhirnya dirinya memutuskan untuk meninggalkan kembali ECW pada tahun 1999. Sejak berkarir di ECW, Total Shane Douglas telah berhasil memenangkan sabuk ECW World Heavyweight Championship sebanyak 4x, ECW World Television Championship 2x dan tentu saja sabuk NWA World Heavyweight Championship sebanyak 1x.



8. TERRY FUNK
Sama seperti Rival sekaligus Juniornya Mick Foley, Nama Terry Funk bakalan selamanya dikenal sebagai salah satu pegulat paling penting sekaligus berpengaruh dalam dunia Gulat Hardcore. Meskipun Terry Funk saat ini telah menyandang status sebagai “Hardcore Legend”, tapi di awal-awal karirnya di dunia gulat pro sekitaran tahun 60-an, Terry Funk ini dikenal sebagai salah satu Pegulat technical yang cukup hebat.

Style Gulatnya mulai perlahan-lahan berubah menjadi lebih Hardcore, semenjak dirinya bergabung dengan ECW pada tahun 1993 silam. Meskipun saat itu usianya sudah tidak muda lagi dan juga memiliki riwayat cedera yang cukup panjang, tapi Terry Funk tidak segan-segan mengajak pegulat yang lebih muda darinya untuk bergulat menggunakan berbagai macam senjata yang ada (Hardcore Match).

Bagi yang belum tahu, Terry Funk-lah salah satu pegulat yang tampil di PPV paling pertama yang diselenggarakan oleh ECW yang mereka berinama Barely Legal di tahun 1997. Hebatnya, di PPV bersejarah bagi ECW itulah Terry memenangkan sabuk ECW World Heavyweight Championship pertamanya.

Meskipun selama berkarir sebagai seorang pegulat pro dia telah bergulat di berbagai promosi gulat yang ada di dunia ini, tapi namanya bakalan selalu melekat dan juga dikenang sebagai alumni ECW sampai kapan pun itu. Atas dedikasi serta pengorbanannya itulah, ECW kemudian memberikannya semacam Lifetime Achievement berupa sabuk ECW World Heavyweight Championship tepat di hari perayaan perjalanan karirnya sebagai seorang Pegulat Pro yang saat itu sudah menyentuh usia ke-50 tahun pada tahun 1997 silam.

Sedangkan untuk Title atau sabuk juara yang sudah dia raih di ECW, Terry Funk hanya berhasil memenangkan 2 buah sabuk juara saja, 2 title tersebut diantaranya adalah ECW World Heavyweight Championship dan juga ECW World Television Championship. Meskipun jumlah sabuk juaranya tidak sebanyak perolehan sabuk juara John Cena di WWE, tapi Terry Funk berhasil mengalahkan Cena dalam jumlah Respect yang didapatkannya dari pecinta gulat pro maupun rekannya sesama pegulat dimana pun itu.



7. THE DUDLEY BOYZ
Tanpa ECW, nama The Dudley Boyz tidak akan bisa sepopuler seperti sekarang ini. Sebelum meraih sukses besar di WWE, dulu jauh sebelum kehadiran mereka di WWE. Duo Dudleys, yakni Buh Buh Ray dan juga D-Von Dudley merupakan Tag Team paling Populer, Sukses sekaligus paling Dominan di ECW.

Pasalnya, sejak the Dudley Boyz menginjakkan kaki mereka untuk yang pertama kalinya diatas ring ECW pada tahun 1996 silam. Total the Dudley Boyz telah berhasil memenangkan sabuk juara ECW World Tag Team Championships sebanyak 8x. Perolehan tersebut menjadikan mereka sebagai Tag Team yang paling banyak memenangkan sabuk juara tag team tertinggi di ECW tersebut.

Karena pencapian hebat mereka itulah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk memasukkan the Dudley Boyz yang notabene merupakan satu-satunya Tag Team yang berhasil masuk ke dalam list ini sebagai salah satu dari 10 Pegulat ECW Terhebat sepanjang masa. So, "D-Von, Get the TABLE…!!!"



6. TOMMY DREAMER
Selanjutnya ada Pegulat paling loyal yang pernah ECW miliki, yang bernama Tommy Dreamer. Pegulat yang sering disebut-sebut sebagai “Heart and Soul of ECW” ini, telah bergulat untuk ECW sejak ECW masih bernama Eastern Championship Wrestling. Tepatnya pada tahun 1993 dan terus bergulat disana hingga ECW dinyatakan bangkrut pada tahun 2001.

Dia bisa disebut sebagai Pegulat ECW yang loyal dikarenakan dirinya menolak untuk meninggalkan ECW ketika promosi gulat tersebut sedang mengalami masa-masa sulit, padahal sudah banyak sekali rekan-rekannya pada waktu itu yang memutuskan untuk pergi meninggalkan ECW dan bergabung dengan promosi-promosi gulat lainnya.

Meskipun dirinya telah bergulat untuk ECW selama kurang lebih 8 tahun, tapi Tommy Dreamer hanya baru berhasil memenangkan 1x sabuk ECW World Heavyweight Championship, itu pun hanya berhasil dia pertahankan selama 30 Menit saja. Meskipun dirinya pernah merasakan menjadi ECW World Heavyweight Champion, tapi seorang Tommy Dreamer sama sekali tidak merasa senang dengan pencapaiannya tersebut.

Pasalnya, menurut salah satu sumber, kalau Tommy Dreamer sebenarnya sama sekali tidak tertarik atau berkeinginan untuk memenangkan sabuk juara apa pun di ECW. Menurutnya, faktor yang membuatnya pernah nersakan menjadi ECW World Heavyweight Champion itu adalah semakin berkurangnya pegulat-pegulat di ECW pada waktu itu. Oleh karena kesetiaannya itulah, Tommy bisa begitu di hormati dan dicintai oleh rekan-rekan dan juga Fans-nya di ECW.



5. THE SANDMAN
Jika di WWE dulu ada Stone Cold yang sangat suka sekali minum Bir diatas ring, dulu di ECW juga ada seorang pegulat yang juga sama-sama memiliki hobi meminum minuman beralkohol tersebut yang bernama the Sandman. Bedanya dari Stone Cold adalah the Sandman ini kalau boleh bilang sedikit lebih gila ketika sedang beraksi diatas ring.

Sama halnya seperti Tommy Dreamer tadi, Sandman juga terbilang pegulat yang cukup loyal kepada ECW, meskipun di akhir tahun 90-an dia sempat menyebrang ke WCW, tapi tidak lama kemudian dia memutuskan kembali ke ECW dan terus bergulat disana hingga promosi gulat tersebut bangkrut.

Tidak seperti Tommy Dreamer sebelumnya yang hanya memenangkan sabuk juara ECW World Heavyweight Championship sebanyak 1x, sedangkan the Sandman sendiri sudah berhasil memenangkan sabuk juara tertinggi di ECW tersebut sebanyak 5x sepanjang karirnya di ECW dari tahun 1993 hingga 2001. Selain pernah memenangkan sabuk ECW World Heavyweight Championship, the Sandman juga pernah sekali memenangkan sabuk ECW World Tag Team Championships bersama rekannya pada waktu itu yaitu 2 Cold Scorpio.

Bagi yang belum mengenal sang “Hardcore Icon” ini, the Sandman terkenal dengan Entrance-nya yang sering membawa Bir kaleng dan juga Tongkat atau Pedang Kendo (Singapore Cane) sambil diiringi oleh lagu Enter Sandman-nya milik Metallica.

Momen yang selalu diingat oleh Fans ECW tentang the Sandman adalah ketika dirinya di Salib oleh Rivalnya pada waktu itu yaitu Raven. Momen tersebut merupakan salah satu Momen kontroversial yang pernah terjadi di ECW.



4. SABU
ECW sudah Banyak sekali melahirkan pegulat-pegulat gila nan sadis, salah satu dari pegulat tersebut adalah sang “The Homicidal, Suicidal, Genocidal” Sabu. Dari julukannya itu saja sudah ketahuan, bahwa Sabu ini merupakan pegulat yang sangat berbahaya diatas ring. Kegilaan Sabu diatas ring sudah mulai terlihat semenjak dirinya diajak oleh sang paman yang merupakan seorang pegulat legendaris bernama Ed Farhat atau The Sheik, bergulat di Promosi gulat Hardcore asal Jepang yang bernama Frontier Martial-Arts Wrestling.

Di promosi gulat itulah dirinya menghabiskan awal karirnya sebagai pegulat pro sebelum pada akhirnya di tahun 1993, Sabu memutuskan terbang ke kampung halamannya Amerika Serikat dan langsung bergabung dengan ECW. Selama di ECW, Sabu dikenal berkat gaya gulat High Risk/Fly-nya yang sering membuat detak jantung penonton bedegup kencang dan pastinya akan langsung disusul dengan teriakan “Holy Shit!” dari penonton.

Bukan hanya dikenal berkat aksi-aksi Extreme-nya diatas ring, Sabu juga dikenal sebagai salah satu pegulat ECW yang sangat berprestasi. Buktinya, hingga ECW bangkrut, Sabu telah berhasil memenangkan sabuk juara ECW World Heavyweight Championship sebanyak 2x. Selain itu, dia juga pernah memenangkan sabuk ECW World Television Championship, sabuk ECW FTW (Fuck The World) Heavyweight Championship masing-masing sebanyak 1x dan terakhir pernah memenangkan sabuk ECW World Tag Team Championships sebanyak 3x. Atas pencapian-pencapiannya tersebut Sabu lantas di mahkotai sebagai ECW Triple Crown Champion kedua dalam sejarah ECW.



3. RAVEN
Meskipun karirnya sewaktu masih bergulat di WCW dan juga WWE terbilang cukup mengecewakan. Tapi ketika Raven masih bergulat untuk ECW dari tahun 1994 sampai tahun 2000 (1997-1999 sempat ke WCW). Raven dikenal sebagai salah satu pegulat paling populer disana, Nama Raven dengan cepat melekat diingatan para pecinta ECW, itu semua berkat Attitude dan juga gaya busananya yang Nge-Grunge abis, selain itu Skill bergulat dan juga skill Promo yang dimilikinya juga sangat hebat. Terutama Promo Skill-nya yang sering mendapatkan sanjungan dari Fans dan juga Jurnalis gulat.

Ketika masih di ECW, Raven sudah sering sekali menghasilkan Feud hebat dengan beberapa pegulat Top ECW. Sebut saja Rivalitasnya dengan Tommy Dreamer dan juga tentu saja Feud sengitnya dengan The Sandman.

Sedangkan untuk prestasinya di ECW, Raven telah berhasil memenangkan 2x sabuk ECW World Heavyweight Championship. Bukan hanya berprestasi sebagai seorang pegulat tunggal, ketika dirinya di duetkan dengan pegulat lain sebagai tag team juga terbilang sangat sukses. Buktinya, sampai saat ini, Raven telah berhasil memenangkan ECW World Tag Team Championships sebanyak 4x dengan 3 rekan yang berbeda (Stevie Richards, Tommy Dreamer & Mike Awesome).



2. TAZZ
Saat ini nama Tazz memang lebih dikenal sebagai seorang Komentator, tapi pada kenyataannya dulu sewaktu masih bergulat untuk ECW dari tahun 1993-1999. Tazz ini dikenal sebagai salah satu Pegulat yang sangat hebat. Kalau boleh saya bilang, Tazz-lah pegulat pertama yang layak disebut sebagai Pendiri dari Suplex City sebelum Brock Lesnar mempopolerkan Catchphrase tersebut beberapa tahun yang lalu.

Saya berani menyebutnya sebagai penemu Suplex City itu dikarenakan oleh kehebatannya dalam mengeksekusi berbagai variasi Suplex (Not Just German Suplex). Oleh karena kehebatannya dalam men-Suplex lawannya itulah, Tazz lantas mendapatkan julukan sebagai “the Human Suplex Machine”. Bukan hanya jago dalam mengeksekusi berbagai variasi gerakan Suplex, Tazz juga dikenal sebagai pegulat yang memiliki beberapa gerakan Submission yang sangat mematikan.

Prestasinya di ECW juga tidak main-main, selama bergulat untuk ECW kurang lebih 6 tahun lamanya. Tazz telah berhasil memenangkan sabuk juara ECW World Heavyweight Championship, ECW World Television Championship, ECW FTW Heavyweight Championship masing-masing sebanyak 2x dan yang terakhir adalah sabuk ECW World Tag Team Championships sebanyak 3x. Atas prestasi-prestasinya tersebut, Tazz kemudian dinobatkan sebagai ECW Triple Crown Champion yang ke-4.



1. ROB VAN DAM
Akhirnya sampai juga kita posisi puncak dalam list ini dan pegulat ECW yang saya mahkotai sebagai “the Greatest ECW Wrestler of All-Time” adalah “Mr. ECW”, “The Whole F’n Show”, “Mr. Monday Night” Itself, ROB! VAN! DAM!. Banyak orang berpendapat bahwa RVD merupakan Pegulat terbaik dan terpopuler yang pernah ECW miliki.

Meskipun begitu, selama bergulat untuk ECW dari tahun 1996-2001. RVD sama sekali belum pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi ECW World Heavyweight Champion. Hal tersebut menjadikannya sebagai satu-satunya pegulat ECW yang ada di dalam list ini yang belum pernah memenangkan sabuk juara tersebut. Tapi kan paling tidak, RVD sudah pernah merasakan menjadi ECW World Champion sewaktu masih di WWE.

Meskipun RVD tidak pernah menjadi ECW World Heavyweight Champion, tapi tingkat popularitasnya di ECW pada waktu itu terbilang sangat-sangat luar biasa tingginya. Bisa dibilang dialah Stone Cold atau The Rock-nya ECW. Namanya bisa begitu populer disebabkan karena kehebatannya ketika sedang beraksi menghadapi lawan-lawannya diatas ring. Dengan memadukkan gaya gulat High Flying dengan Ilmu Bela Diri yang dikuasainya, membuat gaya gulat dari RVD ini begitu enak untuk ditonton. Apalagi ketika RVD mengeksekusi Finishing Move-nya yang bernama Five Star Frog Splash.

Meskipun belum pernah merasakan menjadi ECW World Heavyweight Champion sepanjang karirnya di ECW, tapi RVD sudah pernah merasakan menjadi ECW World Television Champion 1x dan juga menjadi ECW World Tag Team Champions sebanyak 2x.



So, Guys. Itulah tadi Daftar “10 Pegulat ECW Terhebat Sepanjang Masa” yang tentu saja menurut versi Pro-Wrestling Outsider!. Jadi, Bagaimana menurut kalian semua tentang Artikel TOP 10 diatas tadi? Apakah kalian setuju dengan list saya diatas? I Hope So. Saya juga berharap kalian dapat Menikmati Artikel ini.

Seperti biasa guys, Jika ada sesuatu yang ingin kalian sampaikan kepada saya seperti Kritikan atau pun saran. Kalian bisa tinggalkan komentar kalian di kolom komentar dibawah itu nanti. Dan satu lagi, jangan pernah lupa tentang ini. Jika kalian ingin Meng Copy-Paste Salah satu artikel yang ada di Blog sederhana saya ini, Silahkan saja! saya tidak akan melarang kalian untuk melakukan hal tersebut. Tapi itu pun dengan syarat, yaitu kalian harus meminta Izin dari saya terlebih dahulu.

Asal kalian tahu saja ya guys, membuat artikel tentang gulat pro seperti ini, khususnya TOP 10. Bukanlah pekerjaan yang mudah, karena sebelum saya memulai mengetik saya terlebih dahulu melakukan research di berbagai website, Majalah dan Video. So please, Hargailah kerja keras saya dalam menciptakan konten-konten yang Original. So, That’s All. I Will See you Guys Someday. Cheers… #TonaJerk #ProWrestlingOUTSIDER!

5 komentar:

  1. Selalu ditunggu artikel2 kerennya ������
    IVD

    BalasHapus
  2. Om, artikel nya saya repost di IG y. Akun nya @prowrestling_id Setiap artikel yg saya repost, saya berikan sumbernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Gan, btw sya mhon maaf apabila di tahun ini saya tidak lg memposting artikel sesering dan sbanyak seperti di tahun sbelumnya, itu dikarenakan saat ini saya sedang melanjutkan pendidikan saya. thx for all your support to this blog and i will see u in the future

      Hapus
  3. Gan...kenapa lama sekali udah gak update lagi?
    Ini salah 1 blog terbaik pro wrestling yg pernah saya ikuti..plis update lagi..terus berkarya min..

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan tanpa harus menggunakan kata-kata yang berbau Rasis dan Sara.