Jumat, 28 Oktober 2016

TOP 10: THE GREATEST TECHNICAL WRESTLERS IN WWE



Gerakan Kuncian atau dalam dunia Gulat Profesional disebut sebagai Submission Manoeuvres/Moves merupakan gerakan yang bisa dibilang sebagai gerakan Basic atau Dasar, yang berarti setiap pegulat yang baru belajar bergulat pasti yang pertama mereka pelajari (selain cara jatuh alias Bump) adalah bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan kuncian dengan benar.

Pasalnya jika seorang pegulat gagal atau salah mengeksekusi gerakan kuncian tersebut ke lawannya, bisa saja pegulat itu akan mencederai lawannya. Seperti membuat tangan atau kaki lawannya Dislokasi ataupun bahkan sampai membuat tulang lawannya itu Patah.

Meskipun gerakan Kuncian disebut sebagai gerakan Dasar, tapi tidak semua Pegulat di dunia ini (WWE) ahli dalam melakukan gerakan-gerakan kuncian tersebut. Oleh sebab itulah sebagai pertemuan kita kali ini, saya akan memberikan kalian siapa saja 10 pegulat di WWE yang ahli dalam melakukan gerakan kuncian atau yang disebut sebagai Technical Wrestler dalam daftar “TOP 10: The Greatest Technical Wrestler in WWE” Versi Pro-Wrestling OUTSIDER! So, mau tahu siapa saja mereka. Well, Let’s Start the List then!




10. DANIEL BRYAN
Diurutan ke-10 ada Pegulat yang bisa dibilang paling muda dalam List ini dan dia adalah “The ‘YES!’ Man” Daniel Bryan. Saya menaruhnya diurutan paling buncit bukan karena skillnya dalam melakukan gerakan kuncian itu payah jika dibandingkan dengan pegulat yang lain di list ini, Bukan! Malahan bisa dibilang dia adalah Technical Wrestler terbaik yang pernah menginjakkan kaki di tanah WWE ataupun yang pernah lahir.

Saya menempatkannya diposisi paling belakang karena saya menaruh hormat kepada pegulat-pegulat lain yang ada di list ini, yang tentu saja lebih senior darinya. Anggap sajalah D-Bry ini sebagai perwakilan dari Generasi kita. Suka atau Tidak, inilah keputusan saya. 

Banyak orang berpendapat bahwa Style Gulat Daniel Bryan di WWE sangat jauh sekali berbeda jika dibandingkan dengan ketika dia masih bergulat di promosi-promosi Gulat Independen. Pasalnya selama berkarir di WWE hingga dia pensiun, dia lebih dikenal sebagai pegulat yang lebih banyak mengandalkan gerakan-gerakan Strong Style seperti Tendangan ketimbag kuncian.

Pokoknya Style Gulatnya Sangat berbeda sekali sewaktu dia masih dikenal sebagai “The American Dragon” Bryan Danielson di Ring of Honor dan Promosi-promosi Indie lainnya. Kala itu dia dikenal sebagai pegulat yang memiliki banyak sekali Gerakan-gerakan kuncian yang unik di Move set-nya. Gara-gara kehebatannya dalam melakukan gerakan-gerakan kuncian itulah dia pernah mendapatkan julukan sebagai “Submission Specialist”.

Seperti yang saya sudah ketik diatas tadi, meskipun di WWE dia lebih dikenal dengan gerakan-gerakan tendangannya. Itu Bukan berarti membuat D-Bry ini tidak pernah memenangkan pertandingannya diatas ring WWE dengan menggunakan gerakan kuncian, kalau tidak percaya.

Emang Gerakan apa yang dia eksekusi ke lawannya Batista sehingga dia berhasil menjadi WWE World Heavyweight Champion yang baru di WrestleMania XXX, 2 tahun yang lalu? Jawabannya adalah gerakan Kuncian yang bernama YES! Lock (salah satu Finisher-nya selain Running Knee). Itu saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa Daniel Bryan ini memang pantas untuk masuk dalam list ini.



9. LANCE STORM
Selanjutnya ada salah satu Legenda gulat asal Kanada yang bernama Lance Storm. Saya berani bertaruh pasti ada dari kalian yang kurang begitu mengenal siapa pegulat yang satu ini, kalau emang Iya, saya akan memberikan sedikit Informasi tentang Lance Storm kalau begitu.

Lance Storm merupakan sahabat dari sesama pegulat hebat asal kanada lainnya yaitu “Y2J” Chris Jericho. Mereka bertemu pertama kali di awal tahun 90’an, tepatnya ketika mereka berdua berlatih di Sebuah sekolah gulat yang bernama The Hart Brothers Wrestling Camp yang berada di kota Calgary, Kanada. Bahkan pertandingan debutnya adalah melawan Chris Jericho sendiri. Semenjak saat itu keduanya bergulat bersama, baik itu sebagai rekan Tag Team ataupun menjadi Rival di berbagai promosi gulat yang ada di dunia seperti kanada, Jepang dan Amerika Serikat.

Karena kedekatan keduanya itulah, gaya gulat Lance Storm mirip-mirip dengan gaya gulat Y2J. Meskipun begitu, menurut penilaian saya Skill Lance Storm dalam melakukan gerakan kuncian sedikit diatas lebih baik dari Y2J. Itulah sebabnya kenapa saya lebih memilih Lance Storm ketimbang Chris Jericho untuk masuk dalam list ini.

Namanya mencuri perhatian banyak pecinta gulat, ketika dia bergulat untuk ECW dari pertengahan tahun 90’an sampai tahun 2000. Setelah cukup lama di ECW, dia kemudian bergabung dengan WCW. Selama disana dia berhasil memenangkan sabuk WCW U.S Heavyweight Championship, WCW Hardcore Championship dan juga WCW Cruiserweight Championship. Tapi sayang karir gemilangnya di WCW tidak berlangsung lama, karena setahun kemudian promosi yang dibelanya tersebut mengalami kebangkrutan yang kemudian di beli oleh WWE.

Beruntung bagi Lance Storm, karena setelah WWE membeli WCW, namanya ternyata masuk dalam radar WWE. Lance kemudian bergabung dengan WWE bersama beberapa pegulat WCW lainnya. Tapi sayang sekali, keberuntungannya itu tidak berlangsung lama. Pasalnya selama dia bergulat disana, WWE benar-benar menyia-nyiakan bakatnya diatas ring yang sudah tidak diragukan lagi kehebatannnya. Pokoknya selama dia bergulat untuk WWE, namanya benar-benar terlupakan. Jauh sekali berbeda dengan nasib sahabatnya Chris Jericho yang menjadi salah satu pegulat tersukses di WWE.

Lance Storm kemudian meninggalkan WWE pada tahun 2005 silam, sejak saat itu dia memutuskan bergulat di Promosi-promosi Gulat Indie salah satunya di ROH. Sedangkan untuk saat ini, dia telah memiliki sekolah gulatnya sendiri yang bernama Storm Wrestling Academy. Salah satu pegulat yang pernah belajar disana adalah pegulat yang saat ini bekerja untuk WWE, “Prince Pretty” Tyler Breeze dan juga Emma(lina).

Lance Storm ini dikenal dengan Finisher-nya yang berupa kuncian yang bernama Canadian Mapple Leaf. Dengan Move tersebut, Lance Storm sudah banyak sekali membuat lawan-lawannya menyerah alias Tap Out.



8. EDDIE GUERRERO
Selanjutnya ada mendiang “Latino Heat” Eddie Guerrero. Masuknya nama Eddie Guerrero dalam list ini menjadikannya sebagai pegulat ketiga (Selain Jeff Hardy & Rob Van Dam) yang berhasil masuk dalam 2 Artikel TOP 10 dengan kategori berbeda. Pasalnya, jauh sebelumnya dia pernah masuk dalam daftar sebagai pegulat High Flyer terbaik di WWE. Jika kalian melewatkan Artikel “TOP 10: The Greatest High Flyersin WWE” tersebut, saya sangat menyarankan kepada kalian untuk membaca artikel itu juga.

Seperti yang sudah saya informasikan di artikel tersebut, bahwa Eddie Guerrero itu merupakan Pegulat serba bisa alias Versatile. Jadinya Skill High Flying dan juga Kuncian dari Eddie Guerrero itu sama hebat dan mematikannya. Itulah sebabnya kenapa nama Eddie Guerrero berhasil masuk dalam daftar sebagai pegulat High Flyer dan juga Technical terbaik menurut Versi saya sekaligus.

Penyebab kenapa skill High Flying dan juga Technical dari Eddie sama hebatnya adalah karena gaya gulat yang dikuasainya yang bernama Lucha Libre. Bagi kalian yang belum tahu, Lucha Libre itu merupakan gaya gulat yang berasal dari Meksiko. Kebanyakan pegulat yang mengadopsi gaya gulat tersebut seperti Eddie, rata-rata memiliki skill High Flying dan juga Technical diatas rata-rata.

Gaya gulatnya itulah yang menjadi salah satu faktor yang membuat pertandingan dari Eddie Guerrero jarang sekali membuat penonton kecewa dan merasa bosan. Soalnya selama Eddie bertanding, selain melakukan gerakan kuncian Eddie juga sesekali melakukan gerakan terbang tentu saja akan membuat penonton terkesima dengan performanya itu.

Salah satu Submission Move terkenalnya adalah Lasso from El Paso. Itulah yang membuat saya memutuskan memasukan nama Eddie Guerrero ke dalam list ini juga. Meskipun kalian tidak setuju sekalipun. (I Just Don’t Give a Single FUCK!)



7. DEAN MALENKO
Diposisi selanjutnya ada salah satu rekan Eddie Guerrero di The Radicalz, Dean Malenko. Pegulat senior yang saat ini bekerja sebagai Road Agent di WWE ini, dulu semasa jayanya sebagai Pegulat (di WCW) pernah mendapatkan julukan sebagai “The Man of 1.000 Holds”. Dean Malenko mendapatkan julukan tersebut karena dulu dia dikenal sebagai pegulat yang memiliki banyak sekali gerakan-gerakan kuncian.

Sama seperti Lance Storm tadi, saya berani bertaruh pasti kebanyakan dari kalian masih asing dengan pegulat yang satu ini, bukan? Kalau iya, saya akan memberikan sedikit Info tentang Dean Malenko kalau begitu. Dean Malenko terlahir dari keluarga pegulat profesional, ayahnya yang bernama Boris Malenko merupakan seorang Pegulat dan juga Pelatih yang cukup memiliki nama. Sedangkan saudaranya Joe Malenko juga merupakan seorang pegulat, tapi tidak seperti dirinya dan juga ayahnya, nama Joe Malenko bisa dibilang kurang begitu dikenal.

Dean Malenko memulai karirnya di dunia Gulat Pro sebagai seorang Wasit di beberapa promosi gulat di tahun 70-80’an. Dia baru memulai karirnya sebagai pegulat di pertengahan tahun 80’an, sejak saat itu dia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bergulat di promosi-promosi gulat yang ada di Jepang dan juga Meksiko. Namanya mulai dikenal oleh pecinta gulat di AS setelah dia bergabung dengan ECW, dia bergulat untuk promosi gulat tersebut dari tahun 1994 sampai 1995. Meskipun singkat, tapi namanya cukup populer di mata fans ECW, itu semua berkat performanya yang sering membuat penonton disana kagum.

Setelah ECW, dia kemudian bergabung dengan WCW. Selama disana dia lebih banyak menghabiskan karirnya untuk bergulat di Cruiseweight Division bersama sahabatnya Eddie Guerrero dan juga pegulat-pegulat lainnya seperti Rey Mysterio,Chris Jericho dan masih banyak lagi. Hal yang diingat tentang Dean Malenko sewaktu di WCW adalah ketika dirinya menjadi Rival dari Chris Jericho. Dimana ketika keduanya menjadi rival itulah, Chris Jericho memotong sebuah promo “The Man of 1.004 Holds” yang sangat terkenal hingga detik ini. Kala itu Chris menyebut dirinya sebagai “The Man of 1.004 Holds” sebagai bentuk ejekan kepada julukan “The Man of 1.000 Holds” yang disematkan kepada Dean Malenko. Selama 3 tahun bergulat di WCW, Dean Malenko telah berhasil memenangkan beberapa sabuk juara. Salah satunya adalah WCW Cruiserweight Championship sebanyak 4x. 

Setelah WCW, dia kemudian bergabung dengan WWE. Kala itu dia tiba di WWE berbarengan dengan 3 rekannya di The Radicalz (Eddie Guerrero, Chris Benoit dan Perry Saturn). Sama seperti Lance Storm diatas tadi, nasibnya di WWE juga bisa dibilang sangatlah buruk. Sangat jauh sekali berbeda jika dibandingangkan dengan nasib dari 2 sahabatnya yakni Eddie dan Chris yang selama berkarir di WWE sudah pernah memenangkan sabuk juara dunia.

Itulah yang kemudian membuatnya untuk memutuskan pensiun sebagai pegulat. Dean Malenko secara resmi mengumumkan bahwa dirinya telah pensiun dari dunia yang membesarkan namanya itu pada tahun 2001 silam. Meskipun karirnya di WWE tidak segemilang Eddie Guerrero dan Chris Benoit, tapi Dean Malenko masih diingat oleh Fans-nya hingga detik ini sebagai Technical Wrestler terbaik yang pernah menginjakkan kaki diatas ring WWE.

Dean Malenko semasa jayanya dulu dikenal dengan Submission Move-nya seperti Malenko Leg Lock dan juga Texas Cloverleaf.



6. OWEN HART
Selanjutnya ada satu lagi Pegulat Legendaris yang berasal dari kanada dan dia adalah mendiang “The King of Harts” Owen Hart. Apa yang langsung ada di kepala kita, ketika kita mendengar nama Owen Hart? Jawabannya Itu pasti, Owen Hart adalah Pegulat WWE yang meninggal diatas ring. Ya kan? Kalau Iya. Mari kita Lupakan tragedy mengerikan di PPV Over the Edge tersebut sejenak. Pasalnya kali ini saya sedang tidak Mood untuk membicarakan hal mengerikan tersebut, Kali ini saya hanya ingin membicarakan tentang performa impresifnya diatas ring saja.

Bagi kalian yang belum tahu, Owen Hart ini merupakan adik kandung dari mantan WWF Champion Bret Hart. Meskipun karir Owen Hart di WWE tidak sesukses sang kakak, tapi kalau membicarakan tentang siapa diantara dari mereka yang terbaik diatas ring. Jujur, menurut saya Owen Hart sedikit lebih unggul dari kakaknya itu. Yang membuatnya unggul dari sang kakak karena menurut saya Owen Hart itu merupakan seorang Pegulat yang serba bisa (Kaya Eddie Guerrero tadi), soalnya selain menjadi Technical Wrestler dia juga dikenal bisa menjadi seorang pegulat High Flyer yang tentu saja tidak kalah impresifnya. Pokoknya Owen itu tidak seperti kakaknya Bret hart yang memang merupakan Techinal Wrestler murni, jadinya yah, dia hanya jago dalam gerakan-gerakan kuncian saja.

Selama hidupnya, Owen Hart dikenal sebagai pegulat yang sangat dicintai oleh fans dan juga rekan-rekannya sesama pegulat. Dia dicintai karena sifatnya yang sangat Ramah dan juga menyenangkan. Pokoknya selama hidupnya dulu, Dia itu dikenal sebagai Pegulat yang sangat lucu dan juga usil di belakang layar WWE. Sangat jauh sekali berbeda dengan sifat sang kakak Bret hart yang dikenal sebagai orang yang sangat serius dan tidak suka bercanda.

Selain bergulat untuk WWE (dulunya WWF), Owen Hart dulunya pernah bergulat untuk promosi gulat asal Jepang yang bernama New Japan Pro Wrestling. Sama halnya seperti sang kakak dan juga pegulat-pegulat lulusan dari Hart Dungeon (Sekolah gulat milik ayahnya, Stu Hart) lainnya, Submission Move favoritnya adalah The Sharpshooter.

Oh, Iya hampir saja saya lupa. Bagi kalian yang belum tahu kalau Owen Hart inilah orang yang pernah mematahkan leher Stone Cold Steve Austin ketika keduanya bertarung di PPV SummerSlam 1997 silam. Stone Cold menderita patah tulang leher setelah Owen Hart kala itu salah mengeksekusi gerakan berbahaya yang bernama Piledriver.



5. WILLIAM REGAL
Selanjutnya ada Pegulat Legendaris asal Inggris yang saat ini bekerja sebagai General Manager di NXT, William Regal. Bagi kalian yang belum mengenal pegulat yang satu ini sebelumnya, dia merupakan Pegulat yang cukup populer di mata Fans gulat terutama Hardcore fans (sebutan lain untuk Fans Fanatik) berkat performanya diatas ring yang sangat hebat, terutama skill Technical Wrestling-nya.

Dia lebih banyak menghabiskan karirnya di dua Promosi gulat raksasa AS seperti WCW dan juga WWF/E. Meskipun memiliki skill bergulat diatas rata-rata, tapi William Regal tidak pernah memenangkan satu gelar juara dunia apapun di 2 promosi gulat tersebut. Prestasi terbaiknya yang pernah dia raih adalah memenangkan sabuk WCW World Television Championship di WCW, dimana dia berhasil memenangkan sabuk tersebut sebanyak 4x.

Sedangkan untuk karirnya di WWE, William Regal pernah memenangkan beberapa sabuk juara kasta kedua seperti sabuk Intercontinental Championship, European Championship, Hardcore Championship dan juga World Tag Team Championship. Selain pernah memenangkan sabuk-sabuk juara tersebut, dia juga pernah memenangkan turnamen King of the Ring pada tahun 2008 silam.

Meskipun prestasinya kurang begitu cemerlang tapi banyak pegulat-pegulat di generasi ini sangat mengidolai seorang William Regal. Sebut saja seperti Daniel Bryan dan juga CM Punk, Keduanya dikenal sebagai fans berat dari William Regal berkat performanya diatas ring. William Regal dikenal dengan Finisher-nya yang berupa Submission Move yang terlihat begitu menyakitkan bernama Regal Stretch.



4. “MR. PERFECT” CURT HENNIG
Selanjutnya ada satu lagi pegulat Technical hebat yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi WWE Champion semasa jayanya, dia adalah mendiang “Mr. Perfect” Curt Hennig. Bagi kalian belum tahu, kalau Mr. Perfect ini merupakan ayah kandung dari WWE Superstar Curtis Axel.

Namanya dikenal luas setelah dia memerankan tokoh atau Gimmick yang sangat arogan di WWE pada akhir tahun 80'an-pertengahan tahun 90’an yang bernama Mr. Perfect. Ketika dia menjadi Mr. Perfect ini, Curt Hennig dikenal sebagai Pegulat yang sangat Perfeksionis baik itu ketika dia menjadi Pegulat Face (Baik) ataupun Heel (Jahat). Pokoknya selama dia memerankan tokoh tersebut, dia selalu merasa dirinyalah Pegulat paling Sempurna di WWE.

Meskipun memiliki skill bergulat yang nyaris sempurna, terutama Technical Move-nya. Tapi Mr. Perfect tidak pernah memenangkan sabuk juara dunia apapun di WWE, kala itu prestasi terbaiknya hanya sebatas berhasil memenangkan sabuk juara kasta kedua seperti sabuk Intercontinental Championship saja. Selain di WWE, dia juga sempat bergabung dengan WCW di pertengahan tahun 90’an sampai tahun 2000. Sama seperti di WWE sebelumnya, disana dia juga tidak pernah memenangkan sabuk juara dunia apapun. Prestasi terbaiknya disana hanya berhasil memenangkan sabuk WCW U.S Championship dan juga WCW World Tag Team Championships.

Meskipun dia tidak pernah menjadi WWE Champion ataupun WCW Champion, tapi Fans selalu mengingat Mr. Perfect sebagai Pegulat Technical terbaik yang pernah menginjakkan kaki di 2 Promosi gulat Raksasa tersebut. Selain pernah bergulat untuk WWF/E dan juga WCW, dia dulu (Sebelum bergabung dengan WWE & WCW) pernah bergulat untuk Promosi gulat America Wrestling Association (AWA). Disana nasibnya jauh lebih baik, karena selama bergulat disana Curt Hennig pernah memenangkan sabuk juara tertinggi di Promosi gulat tersebut.

Bagi kalian yang belum tahu, Curt Hennig telah meninggal dunia pada tahun 2003 silam akibat Overdosis. Di tahun-tahun terakhirnya, dia sempat bergabung dengan Promosi gulat yang saat ini sedang sekarat TNA. Sedangkan saat ini dia telah menjadi anggota dari WWE Hall of Fame (Class of 2007). Yang diingat tentang seorang Mr. Perfect Curt Hennig selain Gimmick-nya adalah Finisher-nya yang bernama Perfect Plex (Bukan Submission Move).



3. CHRIS BENOIT
Selanjutnya di urutan ketiga ada Technical Wrestler hebat lainnya yang berasal dari tanah Kanada, dia adalah Mendiang “The Rabid Wolverine” Chris Benoit. Sama seperti The Great Owen Hart sebelumnya, Saya berani bertaruh pasti kebanyakan dari kalian sudah tahu seperti apa akhir hayat dari pegulat yang sebenarnya merupakan salah satu pegulat favorit saya ini. Jika belum, dengan berat hati saya harus menginformasikan kepada kalian yang belum tahu, bagaimana detik-detik menjelang ajal dari pegulat ini menjemput.

Chris Benoit meninggal karena Bunuh Diri dengan cara menggantung dirinya dengan menggunakan salah satu alat Fitness miliknya pada tahun 2005 silam, di kediamannya di Fayetteville, Georgia, AS. Selain Polisi setempat kala itu menemukan mayatnya, ternyata mereka juga menemukan mayat Istrinya Nancy Benoit yang kala itu dalam posisi terikat. Bukan sampai disitu saja, Putranya Daniel yang saat itu masih berusia 7 Tahun juga ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.

Setelah berbagai Investigasi yang dilakukan oleh Polisi setempat, akhirnya mereka mengumumkan bahwa tersangka utama dalam tragedy itu adalah Chris Benoit sendiri. Berdasarkan Investigasi, Chris membunuh Istri dan juga Anaknya dengan cara dicekik. Parahnya sebelum mencekik anaknya hingga tewas, beberapa saat sebelumnya Chris telah mencekoki anaknya itu dengan suatu obat agar anaknya itu tidak sadarkan diri.

Sedangkan untuk motif dari Chris membunuh keluarganya tersebut belum diketahui, tapi penyebabnya itu menjurus kepada Depresi yang dialaminya Pasca ditinggal Eddie Guerrero setahun sebelumnya, kerusakan otak akibat kepalanya terlalu sering terhantam ketika bertanding dan juga efek samping dari penggunaan Steroid yang bertahun-tahun telah dikonsumsinya.

Meninggalnya Chris Benoit dengan cara seperti itu, membuat wajah Gulat Pro sempat tercoreng pada waktu. Gara-gara itulah WWE kemudian memutuskan untuk menghapus segalanya yang berbau Chris Benoit untuk selamanya. Saya mohon, lupakanlah hal mengerikan tersebut dari ingatan kita dan mari kita ingat selamanya hal-hal baik tentang Chris selama hidupnya, seperti betapa hebat dan bertalentanya seorang Chris Benoit diatas ring pada kenyataannya.

Sebelum meraih sukses di WWE, Chris dulu pernah bergulat untuk beberapa promosi gulat yang ada di Kanada (Stampede Wrestling), Jepang (New Japan Pro Wrestling) dan juga di AS (ECW & WCW). Puncak karirnya di WWE dia raih pada tahun 2004 silam, dimana di tahun tersebut dia berhasil memenangi Royal Rumble Match, setelah di pertandingan itu dia berhasil mengeleminasi lawan-lawannya. Hebatnya, kala itu dia keluar dari urutan #1.

Atas kemenangannya tersebut, dia menjadi No.1 Contender untuk menantang Triple H yang pada saat itu menjadi World Heavyweight Champion di WrestleMania 20. Tapi ditengah-tengah perjalannya menuju Event terbesar di WWE itu, Shawn Michaels ikut masuk dalam perburuan sabuk tersebut. Sehingga pertandingan yang sebelumnya dijadwalkan hanya berlangsung satu lawan satu dengan sang juara bertahan Triple H berubah menjadi Triple Threat Match.

Meskipun begitu, Chris Benoit tetap berhasil memenangkan pertandingan yang bersejarah baginya tersebut. Setelah di pertandingan tersebut, dia berhasil membuat sang juara bertahan Triple H menyerah dengan menggunakan Finisher-nya yang berupa gerakan kuncian bernama Crippler Crossface. Meskipun pertandingan itu sendiri mendapatkan respon yang sangat luar biasa Positif, tapi Momen yang paling diingat oleh fans tentang pertandingan itu adalah momen ketika Eddie Guerrero yang kala itu merupakan WWE Champion datang keatas ring dan ikut merayakan keberhasilan Chris Benoit menjadi World Heavyweight Champion.

Banyak orang beranggapan bahwa itu merupakan momen paling Emosional yang pernah mereka saksikan di WWE. Meskipun saat ini kita sudah kesulitan untuk melihat kembali momen mengharukan tersebut, tapi yang terpenting adalah kita masih ingat dengan momen tersebut hingga detik ini.



2. BRET HART
Di posisi Runner Up ada Pegulat Technical terakhir yang datang dari negeri Kanada, dan dia adalah Bret “The Hitman” Hart. Meskipun dibagian Owen Hart tadi saya mengatakan bahwa performa dari Bret Hart berada dibawah adiknya. Tapi jika yang dibandingkan itu hanya spesifik satu gaya gulat saja yakni Technical Wrestling, banyak orang pasti setuju dengan saya kalau kemampuan dari Bret Hart dalam melakukan gerakan-gerakan kuncian sedikit diatas dari sang adik. Itulah kenapa dia juga mendapatkan julukan sebagai “The Excellence of Excecution”, berkat kemampuannya mengeksekusi gerakan-gerakan kuncian yang terlihat begitu sempurna ke lawannya. Dia bisa sehebat itu dalam melakukan gerakan-gerakan kuncian disebabkan karena dia pernah menjadi seorang Pegulat Amatir.

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya, Bret Hart berlatih menjadi seorang Pegulat Pro di sekolah milik ayahnya di Kanada bersama adiknya Owen Hart. Setelah berlatih cukup keras disana, dia kemudian memulai Debutnya di Promosi gulat milik ayahnya yang bernama Stampede Wrestling di tahun 70-80’an.

Bret Hart baru bergabung dengan WWE di pertengahan tahun 80’an, kala itu dia lebih banyak menghabiskan awal karirnya sebagai Tag Team bersama Kakak/Adik Iparnya (saya lupa) bernama Jim “The Anvil” Neidhart, yang bernama The Hart Foundations. Selama menjadi rekan tag team, keduanya sudah pernah memenangkan sabuk WWF Tag Team Championships sebanyak 2x. Setelah merasa puas dengan pencapaiannya sebagai tag team, Bret lantas mencoba sebagai pegulat tunggal di WWE pada awal tahun 90’an.

Dari saat itulah, Gelar juara demi gelar juara berhasil dia raih sebagai Pegulat tunggal. Sebut saja seperti sabuk Intercontinental Championship sebanyak 2x dan juga tentu saja sabuk juara dunia WWF Championship yang berhasil dia menangkan sebanyak 5x. Selain dikenal sukses, dia juga dikenal sebagai pegulat yang sering sekali menghasilkan pertandingan-pertandingan berkualitas tinggi di masa jayanya bersama WWF/E. Sebut saja pertandingannya melawan Adik Iparnya “The British Bulldog” Davey Boy Smith, Adik kandungnya Owen Hart, “Stone Cold” Steve Austin dan tentu saja musuh bebuyutannya “The Heartbreak Kid” Shawn Michaels. Semuanya pertandingan tersebut mendapatkan tanggapan Positif dari fans dan juga Kritikus. 

Hal yang paling diingat tentang Bret Hart sewaktu di WWE adalah kejadian Montreal Screwjob di tahun 1997. Bagi kalian yang belum tahu apa itu, Montreal Screwjob itu pada intinya adalah kejadian dimana WWE (Vince McMahon) menyabotase pertandingan Bret Hart melawan Shawn Michaels di PPV Survivor Series yang berlangsung di Kanada. Vince menyabotase pertandingan tersebut dengan tuhuan agar HBK berhasil keluar sebagai pemenang sehingga menjadikannya WWF Champion yang baru. Alasan Vince melakukan hal tersebut karena kala itu dia merasa takut bahwa Bret yang pada waktu itu menjadi WWF Champion akan membawa sabuk juara tertinggi di WWE itu bersamanya ke WCW setelah event itu selesai. Kurang lebih seperti itulah Montreal Screwjob sepengetahuan saya, jika mau info lebih dari itu, silahkan Googling aja sendiri. hehehe…

Setelah dia keluar dari WWE dengan berbekal kekecewaan dan juga kebencian, Bret lantas bergabung dengan kubu Rival WCW. Disana dia berhasil memenangkan sabuk juara tertinggi di promosi tersebut sebanyak 2x. dan disana jugalah karir bergulatanya harus terhenti.

Dia mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari dunia gulat pro pada tahun 2000 silam. Penyebab utama kenapa dia memutuskan pensiun karena kala itu dia merasa bahwa badannya sudah tidak sanggup lagi untuk bergulat, sejak dia mendapatkan cedera dikepalanya (Concussion) ketika dia sedang melangsungkan pertandingan dengan Goldberg setahun sebelumnya.

Meskipun pada awalnya hubungan Bret Hart dengan WWE sangat buruk sekali, tapi pada pertengahan tahun 2000’an kedua belah pihak akhirnya memutuskan untuk melupakan kejadian di tahun 1996 tersebut. Dan tidak lama setelah kedua belah pihak berdamai, WWE kemudian mengumumkan nama Bret Hart masuk dalam daftar Hall of fame (Class of 2006).



1. KURT ANGLE
Dan yang berada diposisi puncak dalam List ini ada satu-satunya pegulat dalam sejarah di WWE yang pernah memenangkan medali Emas Olimpiade dan juga sabuk WWF/E Champion, dan dia adalah… siapa lagi kalau bukan KURT ANGLE. Emang siapa lagi yang pantas untuk menyandang sebagai Rajanya Gerakan Kuncian di list ini selain sang “Gold Medalist” sendiri.

Bagi kalian yang belum tahu seperti apa perjalan dari karir Kurt Angle sebelum tiba di WWE, saya akan memberikan sedikit info kalau begitu. Sebelum menjadi pegulat pro, Kurt Angle awalnya terlebih dahulu menjadi seorang pegulat amatir. Dia memulai karirnya sebagai Pegulat Amatir ketika usianya masih 7 tahun.

Potensi besarnya sudah terlihat sejak dia masih duduk di bangku SMA. Pasalnya selama dia masih SMA, Kurt sudah pernah memenangkan kejuaraan nasional. Karir cemerlangnya di dunia gulat amatir terus berlanjut hingga ke bangku kuliah. Ketika dia masih menjadi Mahasiswa di Clarion University of Pennsylvania, dia pernah menjuarai beberapa kejuaraan nasional yang cukup bergengsi seperti NCAA Division 1 dan NCAA Division 1 All-American. 

Setelah menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah, Konsentrasinya kemudian tertuju ke Medali Emas Olimpiade Musim panas di Atlanta 1996. Tapi setahun sebelum dia ikut serta dalam Olimpiade tersebut untuk mewakili Amerika Serikat, Kurt Angle sempat memenangkan medali emas di kejuaraan gulat yang bernama FILA Wrestling World Championship. Dengan membawa bekal juara tersebut, Kurt Angle lantas mengikuti Olimpiade dengan penuh percaya diri. Tapi beberapa bulan sebelum Event Olah Raga Terbesar di dunia itu dibuka, Kurt Angle sempat mengalami beberapa cedera di lehernya ketika dia sedang beruji coba. Akibatnya dari saat itu dia kecanduan untuk mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit (Pain Killer).

Meskipun dia mengalami cedera, tapi Tim Amerika masih tetap membawanya. Ternyata kepercayaan terhadap dirinya itu dibayar lunas oleh Kurt Angle dengan menyumbangkan Medali Emas untuk Negara tercintanya tersebut. Dia berhasil merebut Emas setelah di partai Final dia berhasil mengalahkan Pegulat asal Iran. Berkat keberhasilannya itu, Kurt Angle mendadak menjadi Terkenal. Mengetahui hal tersebut, WWE kemudian sempat menawarinya kontrak kerja sama, namun kala itu Kurt Angle menolak mentah-mentah tawaran yang menggiurkan dari WWE itu.

Kurt Angle baru tertarik untuk menjadi seorang Pegulat Profesional setelah salah satu pegulat ECW yang bernama Shane Douglas (Sesama orang Pittsburgh) mengajaknya untuk datang ke Event ECW. Baru beberapa jam disana, Kurt Angle sudah merasa tidak tenang dan pada akhirnya dia memutuskan untuk tidak mau datang lagi kesana. Itu semua gara-gara gaya gulat di Promosi tersebut yang dikenal Hardcore.

Setelah di tahun 1996 silam, Kurt menolak tawaran dari WWE. Akhirnya 2 tahun kemudian dia setuju untuk menanda tangani kontrak kerja samanya dengan WWE. Berkat background-nya sebagai seorang Pegulat Amatir, membuat Kurt dengan cepat beradtasi dengan gaya gulat Pro. Kurt berhasil memenangi sabuk WWE Championship pertamanya pada tahun 2000, kala itu dia berhasil mengalahkan sang juara bertahan The Rock.

Semenjak saat itu Gelar juara dunia demi gelar juara dunia terus menantinya, yang pada akhirnya total sudah 6 sabuk World Champions sudah berhasil dia menangkan, beberapa diantaranya adalah WWF/E Championship 4x, WCW Championship dan World Heavyweight Championship masing-masing 1x. Selain pernah memenangkan sabuk juara dunia tersebut, Kurt juga pernah memenangkan Turnamen King of the Ring pada tahun 2000. Sebenarnya masih banyak lagi prestasi yang pernah dia raih di WWE, tapi menurut saya gelar juara yang sudah saya sebut diatas tadi saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa Kurt Angle ini merupakan salah satu Pegulat WWE terhebat dan tersukses.

Kurt Angle meninggalkan WWE pada tahun 2006 silam, sejak saat itu dia memutuskan untuk bergabung dengan TNA. Setelah hampir 10 tahun disana, Kurt kemudian memutuskan untuk tidak memperpanjang lagi kontraknya bersama promosi gulat yang saat ini sedang sekarat tersebut di tahun ini.

Sedangkan untuk saat ini, Meskipun performa Kurt Angle sudah banyak berubah akibat dari cedera lehernya itu tapi dia masih tetap mendapatkan tawaran untuk bergulat di berbagai Promosi-promosi Gulat Independen dari penjuru dunia.

Meskipun Kurt Angle memiliki banyak sekali gerakan-gerakan kuncian mematikan dalam Move Set-nya tapi gerakan kuncian yang paling sering memakan korban adalah Finisher-nya yang bernama Ankle Lock. Bahkan seorang Brock Lesnar saja menyerah akibat Move tersebut. Apakah Kalian Mau Coba juga?

So, Bagaimana guys. Apakah kalian setuju dengan List diatas tadi? Saya harap begitu. Apakah kalian juga memiliki Daftar kalian sendiri, jika iya. Silahkan tinggalkan daftar kalian di kolom komentar dibawah itu, Itupun jika kalian berkkenan. So, seperti biasa Jika ada sesuatu yang ingin kalian sampaikan pada saya seperti Kritik ataupun saran. Kalian juga bisa tinggalkan komentar kalian di kolom komentar dibawah nanti.  Dan satu lagi, jangan sampai lupa. Jika kalian ingin Meng Copy-Paste Salah satu artikel yang ada di Blog sederhana saya ini, Silahkan saja! saya tidak akan melarang, tapi dengan syarat, kalian harus meminta izin dari saya terlebih dahulu atau paling tidak berilah sumber/asal Link dari artikel yang hendak kalian ambil. Asal kalian tahu saja ya guys, menulis artikel tentang gulat seperti ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena saya harus melakukan research di berbagai website, Majalah dan Video dulu. So please, Hargailah kerja keras saya. Okay! I’ll See you soon…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan tanpa harus menggunakan kata-kata yang berbau Rasis dan Sara.